EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ALQURUN TEACHING MODEL DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 12 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2019/2020)
Main Author: | NUR SELLA AULIA , 1513021074 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/61448/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/61448/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/61448/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/61448/ |
Daftar Isi:
- Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk menguji efektivitas pembelajaran Alqurun Teaching Model ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Bandarlampung semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang terdistribusi dalam 9 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII B dan VIII C yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Desain penelitian ini adalah posttest only control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan representasi matematis siswa berbentuk uraian. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t dan uji proporsi dengan = 0,05, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran Alqurun Teaching Model tidak efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Namun demikian, pembelajaran Alqurun Teaching Model dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Kata kunci: efektivitas, kemampuan representasi matematis, pembelajaran Alqurun Teaching Model