PENGARUH PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KALIANDA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Author: AGATHA IVANIA PRANANDARI, 1313024007
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61439/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61439/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61439/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61439/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran outdoor learning terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Kalianda pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Penelitian ini menggunakan desain Non Equivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Kalianda semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang terbagi ke dalam 7 kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan sampling purposive, diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Pengaruh outdoor learning terhadap sikap ilmiah dilihat dari penilaian observasi dan penilaian diri peserta didik serta hasil belajar yang dilihat dari tes tertulis peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap ilmiah diperoleh hasil tertinggi pada penilaian observasi yaitu 85,83 dengan kriteria sangat baik dan penilaian diri peserta didik diperoleh 80,62 dengan kriteria sangat baik serta hasil belajar peserta iii didik didapat hasil n-gain sebesar 0,52 yang dikategorikan tingkat efektifitasnya adalah cukup efektif dan klasifikasinya sedang dan uji t diperoleh hasil thitung = 2,3701 lebih besar dari ttabel = 1,672 yang berarti bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik yang diperoleh melalui metode outdoor learning lebih dari rata-rata hasil belajar peserta didik yang diperoleh metode diskusi kelompok belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan metode outdoor learning terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar pada peserta didik. Kata kunci : Outdoor Learning, Sikap Ilmiah, Hasil Belajar, Interaksi Makhluk Hidup