PENGEMBANGAN BUKU PENUNTUN PRAKTIKUM SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DENGAN MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI)

Main Author: WIDYA HENDRIYANI, 1313024091
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61437/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61437/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61437/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61437/
Daftar Isi:
  • Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui karakteristik buku penuntun yang dipakai selama ini, menghasilkan dan mendeskripsikan karakteristik buku penuntun praktikum sistem peredaran darah manusia yang dikembangkan dengan model Argument-Driven Inquiry (ADI), kondisi optimum alat, bahan, prosedur, penilaian ahli dan pendidik, respon siswa, keterlaksanaan buku penuntun praktikum, serta kelayakan buku penuntun praktikum. Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan, dkk. Model 4-D terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate, namun pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop. Penelitian ini menggunakan empat macam data yaitu data hasil validasi, data hasil angket respon siswa, data hasil optimasi buku penuntun praktikum, dan data hasil observasi keterlaksanaan buku penuntun praktikum. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil penilaian buku penuntun praktikum sistem peredaran darah pada manusia dengan model ADI oleh ahli maupun guru memperoleh kriteria “Sangat Baik” (85%). Hasil uji respon siswa terhadap buku penuntun praktikum memperoleh kriteria “Sangat Baik” (95%). Hasil optimasi masing-masing percobaan memperoleh skor 3 dan 4. Hasil uji keterlaksanaan praktikum jantung dan pembuluh darah (91%), proses peredaran darah manusia (93%), menghitung denyut nadi (97.5%), dan gangguan peredaran darah manusia (96.5%) dengan kriteria “Hampir Seluruh Kegiatan Terlaksana”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku penuntun praktikum yang dikembangkan valid dan praktis sehingga layak digunakan oleh pendidik dan peserta didik. Kata kunci: Argument-Driven Inquiry (ADI), buku penuntun praktikum, pengembangan, sistem peredaran darah