PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATERI EKOSISTEM SMPN 02 BANJAR AGUNG

Main Author: MARIA ROSELINA SINAGA, 1513024028
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61435/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61435/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61435/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61435/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan media lingkungan sekitar sekolah terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik materi ekosistem SMPN 02 Banjar Agung. Discovery learning dengan media lingkungan sekitar sekolah merupakan model diyakini tepat digunakan pada materi ekosistem yang diajarkan dengan mengamati secara langsung lingkungan sekitar. Model pembelajaran ini menekankan pada proses penemuan yang dapat membuat peserta didik memiliki kemampuan untuk menemukan konsep pengetahuannya sendiri dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan desain penelitian posttest-only control design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 2 Banjar Agung. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VII C dan VII D yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data dalam penelitian ini adalah nilai postest keterampilan berpikir kritis, keterlaksanaan sintaks pembelajaran dan tanggapan peserta didik terhadap model pembelajaran. Instrumen yang digunakan adalah tes, lembar observasi pembelajaran dan kuesioner tanggapan peserta didik. Data penelitian dianalisis secara statistik menggunakan uji independent sampel t-test pada taraf nyata 5% selanjutnya, dilakukan perhitungan effect size. Uji prasyarat uji-t menggunakan uji normalitas (One- Sample Kolmogrov Smirnov Test) dan uji homogentitas (Levene’s Test of Equality of Error Vriances). Data keterlaksanaan sintaks model discovery learning dengan media lingkungan sekitar sekolah dan konvensional serta data tanggapan pesrta didik dianalisis secara deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model discovery learning dengan media lingkungan sekitar sekolah berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik yaitu 0,00 (p<0.05). Besarnya pengaruh model discovery learning dengan media lingkungan sekitar sekolah berdasarkan perhitungan effect size berkategori besar dengan hasil 1,67. Nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis menggunakan model discovery learning dengan media lingkungan sekitar sekolah lebih besar yaitu 76,6 dibandingkan dengan model pembelajaran dengan metode diskusi yaitu 60,4. Kata Kunci: discovery learning, keterampilan berpikir kritis, lingkungan sekitar sekolah.