STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEMPERHATIKAN ADVERSITY QUOTIENT (AQ) PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SUKOHARJO KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Main Author: | DEWI PUASARI , 1413031009 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/61408/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/61408/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/61408/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/61408/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar ekonomi antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Example non Example dan Problem Based Learning dengan memertimbangkan Adversity Quotient. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sukoharjo semester genap Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 4 kelas sebanyak 108 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Diperoleh kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Example non Example. (2) Hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih rendah dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Example non Example pada siswa yang memiliki Adversity Quotient tinggi. (3) Hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Example non Example pada siswa yang memiliki Adversity Quotient rendah. (4) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran pembelajaran dengan Adversity Quotient terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Kata Kunci: Adversity Quotient, Example non Example, Hasil Belajar, Problem Based Learning.