STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MEMPERHATIKAN GAYA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Main Author: DURROH NIHAYAH HAMHIJ , (1513031047)
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61369/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61369/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61369/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61369/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan berpikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan model problem based learning dan discovery learning dengan memperhatikan gaya belajar siswa kelas XI IPS MAN 2 Bandar Lampung. Populasi penelitian ini 140 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 70 siswa dengan menggunakan teknik penelitian cluster random sampling. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah komparatif dengan eksperimen semu. Teknik analisis ini menggunakan rumus t-test dua sampel independen dan analisis varian dua jalan. Hasil analisis data menunjukkan Fhitung > Ftabel atau 4,060 > 3,98 yang berarti terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran problem based learning dibandingkan dengan yang menggunakan model discovery learning dan Fhitung > Ftabel atau 106,677 > 3,98 yang berarti terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci: Berpikir Kritis, Discovery Learning, Gaya Belajar, dan Problem Based Learning. abstract This study aims to determine the comparison of critical thinking skills of students whose learning uses problem based learning and discovery learning models by observing the learning styles of students in class XI IPS MAN 2 Bandar Lampung. The study population was 140 students with a total sample of 70 students using cluster random sampling research techniques. This type of research used in this study is comparative to quasi-experimental. This analysis technique uses two independent sample t-test formulas and two-way analysis of variance. The results of data analysis show that Fcount> Ftable or 4.060> 3.98 which means that there are differences in students' critical thinking abilities whose learning uses problem based learning learning models compared to those using discovery learning models and Fcount> Ftable or 106,677> 3.98 which means there are interactions between learning models with student learning styles on students' critical thinking skills. Keywords: Critical Thinking, Discovery Learning, Learning Styles, and Problem Based Learning.