EFEKTIVITAS MULTIMEDIA INTERAKTIF STRUKTUR BUMI DAN BENCANA ALAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS VII SMP

Main Author: NANDA SAPUTRA , 1413022049
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61366/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61366/23/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61366/24/skripsi%20full.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61366/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas multimedia interaktif struktur bumi dan bencana alam dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP. Desain penelitian ini dilakukan dengan tipe one group pretes-postest, dengan Populasi seluruh siswa kelas VII SMPN 8 Pesawaran yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian adalah kelas VII A SMPN 8 Pesawaran dengan pengambilan sampel menggunakan teknik classify random sampling. Berdasarkan hasil analisis data pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata pretest berpikir kritis sebesar 37,73, sedangkan rata-rata posttest sebesar 76,85. Rata-rata N-gain diperoleh sebesar 0,63 (kategori sedang). Berdasarkan hal tersebut terdapat perbedaan signifikan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan multimedia interaktif. Dapat disimpulkan multimedia interaktif struktur bumi dan bencana alam efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VII. Kata kunci : Multimedia Interaktif, Berpikir Kritis, Struktur Bumi Dan Bencana Alam