PENGGUNAANLAYANAN INFORMASI KARIER DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MEMANTAPKAN RENCANA STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019
Main Author: | RESTALINA, 1413052052 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/61325/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/61325/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/61325/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/61325/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kurang mantap terhadap rencana studi ke perguruan tinggi. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui kemantapan rencana studi ke perguruan tinggi menggunakan layanan informasi karier dalam bimbingan kelompok pada siswa kelas XI SMA Negeri 7 Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan one group pretest dan posttest design. Subjek penelitian sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala rencana studi ke perguruan tinggi. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon Matched Pairs Test, diperoleh zhitung = -3.922 ≤ ztabel =1,645 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Terdapat peningkatan antara hasil pretest dan posttest setelah diberikan layanan informasi karier dalam bimbingan kelompok sebesar 55,04%, sehingga layanan informasi karier dalam bimbingan kelompok dapat digunakan untuk memantapkan rencana studi ke perguruan tinggi siswa kelas XI SMA Negeri 7 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019. Kata kunci: layanan informasi karier, bimbingan kelompok, rencana studi keperguruan tinggi. The problem in this research is that students are not stable enough in their plans to study in tertiary institutions. This study aims to determine the use of career information services in group guidance to strengthen study plans for tertiary education in class XI students of SMA Negeri 7 Bandar Lampung in the academic year 2018/2019. This study uses a pre-experimental method with one group pretest and posttest design. Research subjects were 20 students. Data collection techniques using a scale of study plans to college. The results of data analysis using the Wilcoxon test obtained z count = -3,922 ≤ z table = 1,645. In accordance with the provisions in the Wilcoxon test, if z arithmetic ≤ z the table then Ho is rejected and Ha is accepted. There was an increase between Pretest and Posttest after being given career information services in group guidance by 55.04% so that career information services in group guidance could be used to strengthen study plans for tertiary education in class XI students of SMA Negeri 7 Bandar Lampung in the 2018/2019 Academic Year. Keywords: career information services, group guidance, higher education study plans.