PERSEPSI PEROKOK TERHADAP GAMBAR SERAM PADA KEMASAN ROKOK (Studi Pada Mahasiswa Universitas Lampung Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2015)

Main Author: Fadiansyah Achmad Nurullah, 1416031138
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61301/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61301/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61301/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61301/
Daftar Isi:
  • Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang paling sering kita jumpai di kalangan masyarakat di Indonesia. Meskipun masyarakat sudah mengetahui tentang bahaya merokok namun karena rasa ingin tahu dan kecanduan membuat pelaku perokok ingin selalu mengkonsumsinya, meskipun di dalam kemasan rokok sudah diberikan peringatan dan gambar-gambar yang berkaitan tentang bahaya dari merokok tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi perokok terhadap pesan gambar peringatan pada kemasan rokok dalam meningkatkan kesadaran tentang bahaya merokok. Metode yang digunakan peneliti adalah metode penelitian deskriptif dengan jenis data kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam peneltiain ini adalah teori S-O-R (Stimulus, Organism, Respon). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa persepsi perokok terhadap pesan bahaya merokok pada kemasan rokok secara umum sudah positif namun dari perokok itu sendiri yang belum bisa berhenti merokok dan masih terpengaruh oleh lingkungan yang masih banyak perokok, justru persepsi orang lebih tertarik dengan melihat orang merokok daripada melihat pesan peringatan bahaya merokok di setiap kemasan rokok. Kata kunci: persepsi, perokok, gambar kemasan rokok, teori SOR Smoking is one of the habits that we encounter most often among the people in Indonesia. Even though people already know about the dangers of smoking, because of curiosity and addiction make smokers want to always consume it, even though the cigarette packaging has been given warnings and pictures relating to the dangers of smoking. This study aims to determine smokers' perceptions of warning picture messages on cigarette packages in raising awareness about the dangers of smoking. The method used by researchers is a descriptive research method with qualitative data types. Sources of data obtained from primary and secondary data conducted by observation, interviews and documentation. The theory used in this study is the S-O-R theory (Stimulus, Organism, Response). Based on the results of the study found that smokers' perceptions of the message of the dangers of smoking on cigarette packs in general are positive but from smokers themselves who have not been able to stop smoking and are still affected by the environment that is still a lot of smokers, in fact people's perceptions are more interested in seeing people smoke than seeing the message warning of the dangers of smoking on every cigarette packaging. Keywords: perception, smoker, picture of cigarette packaging, SOR theory