PENGARUH SERVICE CONVENIENCE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PENGGUNA APLIKASI SHOPEE DI BANDAR LAMPUNG

Main Author: BRENDA ISLAMIA SAPUTRA, 1611011056
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61299/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61299/9/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61299/10/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61299/
Daftar Isi:
  • Perkembangan dunia bisnis tentunya sangat pesat khususnya model bisnis Marketplace. Marketplace yang sedang marak digunakan adalah Shopee. Shopee membekali pembeli dengan proses pembayaran yang aman. Masalah dalam penelitian ini adalah Shopee sebagai aplikasi belanja online yang menduduki peringkat ketiga dan meraih rating serta ulasan yang cukup buruk dari para konsumennya. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh service convenience terhadap kepuasan konsumen pada pengguna aplikasi Shopee di Bandar Lampung. Metode pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel penelitian ini berjumlah 100 responden dengan kriteria yang pernah mengunjungi dan bertransaksi pada aplikasi Shopee. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel service convenience yakni kenyamanan pengambilan keputusan, kenyamanan akses, kenyamanan transaski, kenyamanan manfaat dan kenyamanan pasca manfaat berpengaruh secara positif dan signifikan dengan sumbangan sebesar 69,3% terhadap kepuasan konsumen dan sisanya 30,7% dipengaruhi oleh faktor lain diluar kenyamanan layanan. Kata Kunci : Service Convenience, Kepuasan Konsumen. The development of the business world is certainly very rapid especially the Marketplace business model. Marketplace that is being used is Shopee. Shopee provides buyers with a secure payment process. The problem in this research is Shopee as an online shopping application that ranks third and gets a bad rating and review from its consumers. The purpose of this study was to determine the impact of service convenience on consumer satisfaction with Shopee application users in Bandar Lampung. The sampling method uses non-probability sampling method with purposive sampling technique. The number of samples of this study amounted to 100 respondents with criteria who had visited and transacted on the Shopee application. The results of this study indicate that service convenience variables consisting of decision convenience, access convenience, transaction convenience, benefit convenience and post-benefit convenience have a positive and significant effect with a contribution of 69.3% to consumer satisfaction and the remaining 30.7% is influenced by other factors beyond the convenience of service. Keywords: Service Convenience, Consumer Satisfaction.