PENGARUH BERMAIN BISIK BERANTAI TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK-ALHUDA BANDAR LAMPUNG

Main Author: RIZKY ANGGARIANTHO OLIVEIRA, 1313054050
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61212/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61212/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61212/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61212/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah perkembangan bahasa anak yang belum sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain bisik berantai terhadap perkembangan bahasa pada anak usia 5- 6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia dini yang berusia 5-6 tahun di TK Al Huda sebanyak 30 anak. Mengingat populasi berjumlah 30 anak maka semua anggota populasi sekaligus dijadikan sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh bermain bisik berantai terhadap perkembangan ahasa anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh bermain bisik berantai terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa bermain bisik berantai dapat membantu menstimulasi perkembangan bahasa anak usia dini. Kata Kunci: bisik berantai, perkembangan bahasa.,