KENDALA GURU GEOGRAFI DALAM MENGAJAR MATERI MITIGASI BENCANA ALAM KELAS XI DI SLB A BINA INSANI BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019
Main Author: | ANNISA PUTRI, 1513034079 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/61210/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/61210/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/61210/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/61210/ |
Daftar Isi:
- Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah berbagai kendala yang dialami guru geografi dalam mengajar mitigasi bencana alam di SLB A Bina Insani Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan kendala guru dalam menyampaikan materi pelajaran, (2) mendeskripsikan kendala guru dalam menerapkan metode pembelajaran, (3) mendeskripsikan kendala guru dalam mengaplikasikan media pembelajaran di kelas XI SLB A Bina Insani Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru geografi mengalami berbagai kendala, meliputi (1) sulit mendeskripsikan submateri, sulit menemukan kosakata yang tepat untuk menjelaskan submateri, kurangnya waktu yang tersedia, kurang menguasai huruf Braille, (2) peserta didik tunanetra seringkali merasa bosan, pengelolaan yang kurang baik, menerapkan metode pembelajaran yang sama, sulit menentukan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik tunanetra, (3) buku yang digunakan bukanlah buku yang dikhususkan untuk peserta didik tunanetra, waktu yang dibutuhkan relatif lama, kemampuan motorik peserta didik tunanetra yang berbeda-beda, peserta didik tunanetra terkadang menjadi tidak fokus saat belajar. Kata kunci: kendala, guru geografi, mitigasi bencana alam The objective of this research was to explore the geography teacher’s obstacles in teaching natural disaster mitigation in SLB A Bina Insani Bandar Lampung. This research aims (1) to describe the teacher’s obstacles in delivering the subject matter, (2) to describe the teacher’s obstacles in applying the learning methods, (3) to describe the teacher’s obstacles in applying the learning media at the second grade of SLB A Bina Insani Bandar Lampung. The research method used in this research is descriptive research methods and the data analysis techniques used in this study is descriptive data analysis techniques. The data collection techniques in this research were observation, in-depth interviews, and documentation. The results showed that geography teacher had various obstacles, i.e., (1) difficult to describe submaterial, difficult to find the right vocabulary to explain submaterial, lack of available time, lack of mastering Braille, (2) visually impaired students often feel bored, poor management, applying the same learning methods, difficult to find the right learning methods based on the characteristics of visually impaired students, (3) the book used is not a book that is specifically for visually impaired students, the time required is relatively long, the different motor abilities of students who are visually impaired, sometimes visually impaired students become unfocused when learning. Keywords: obstacles, geography teacher, natural disaster mitigation