STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS MUSEUM LAMPUNG DALAM MEMPROMOSIKAN KOLEKSI BUDAYA ADAT LAMPUNG KEPADA MASYARAKAT KOTA BANDAR LAMPUNG

Main Author: FITRI ADLINA , 1516031067
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61209/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61209/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61209/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61209/
Daftar Isi:
  • Hingga saat ini terjadi penurunan kunjungan masyarakat ke Museum Lampung. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi menurunnya kunjungan masyarakat seperti kurangnya sosialisasi bagian Humas Museum Lampung mengenai koleksi budaya adat Lampung kepada masyarakat dan kurang disiplinnya kerja Humas Museum Lampung dalam melaksanakan kegiatan humas yang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi Humas Museum Lampung dalam mempromosikan koleksi budaya adat Lampung kepada masyarakat Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif, penelitian kualitatif adalah data yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat-kalimat yang dipisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Museum Lampung melakukan pemetaan publiknya berdasarkan segmentasi dari kegiatan atau acara yang diselenggarakan. Museum Lampung memperkirakan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan melalui penetapan target dari program-program kegiatan yang dilaksanakan dan jumlah pengunjung. Sasaran yang dilakukan oleh Museum Lampung baik secara internal maupun eksternal untuk mengetahui keunggulan, mengatasi kekurangan, melihat peluang dan menghadapi tantangan. Museum Lampung memilih memanfaatkan media publikasi yang tersedia yaitu website, media sosial seperti twitter, facebook dan instagram kemudian media online dan media massa. Museum Lampung melakukan evaluasi dari dari proses perencanaan dan pelaksanaan hingga memantau perkembangan program yang diselenggarakan. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Humas, Museum Lampung, Koleksi, Promosi,Budaya Adat Lampung.