EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Tri Sukses Natar Tahun Pelajaran 2018/2019)

Main Author: RUBEN ANDREAS JUNIOR , 1213021065
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61178/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61178/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61178/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61178/
Daftar Isi:
  • Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Tri Sukses Natar tahun pelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII-C sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik purpossive random sampling. Desain yang digunakan adalah posstest only control design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan tes. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran CIRC efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII di SMP Tri Sukses Natar. Kata kunci: efektivitas, pembelajaran CIRC, komunikasi matematis