PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020)

Main Author: INDAH SRIWAHYUNI, 1513021034
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61115/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61115/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61115/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61115/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang terdistribusi dalam 6 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 5 dan kelas XI IPA 6 yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Desain penelitian ini ialah the randomized posttest-only control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan diuji menggunakan uji-t dengan α = 0,05 didapatkan hasil pencapaian indikator kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti kelas eksperimen lebih tinggi dari pada siswa yang mengikuti kelas konvensional. Diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran model problem based learning (PBL) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Katakunci: pengaruh, kemampuan pemecahan masalah matematis, pembelajaran model problem based learning (PBL).