PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEKS DRAMA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
Main Author: | DWI ESTERLINA, 1513041030 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/61109/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/61109/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/61109/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/61109/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini ialah bagaimanakah pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis discovery learning pada materi teks drama di sekolah menengah pertama (SMP) dan kelayakannya sebagai bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis discovery learning pada materi teks drama di sekolah menengah pertama (SMP) dan kelayakannya sebagai bahan ajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan (research and development/R&D) yang mengadopsi teori Borg and Gall. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah wawancara, observasi, dan penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) pada materi teks drama di sekolah menengah pertama (SMP) sudah dikembangkan sesuai dengan sintak model berbasis discovery learning berdasarkan KD yang ditentukan dan kelayakannya sebagai bahan ajar dengan menunjukkan hasil penilaian ahli materi pada aspek isi dengan persentase 83.1% kategori sangat layak sedangkan penilaian praktisi atau guru Bahasa Indonesia pada aspek pembelajaran dan aspek isi dengan sama-sama persentase 87.1% kategori sangat layak. Kata kunci : pengembangan, LKPD, discovery learning, kelayakan