PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ANDROID PADA MATERI BENTUK MOLEKUL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG
Main Author: | MUSA NURRASYID, 1723011008 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/61108/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/61108/2/TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/61108/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/61108/ |
Daftar Isi:
- Tujuan Penelitian adalah untuk menciptakan sebuah produk media pembelajaran berbasis android pembelajaran Kimia pada materi bentuk molekul. Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 2 Bandar Lampung ditemukan pembelajaran masih bersifat konvesional dan bahan ajar yang digunakan masih terpaku pada buku dari perpustakaan atau modul. Hasil pengecekan dokumen terdapat 57% peserta didik merasa kesulitan mempelajari bentuk molekul. Akhirnya dilakukan sebuah inovasi dengan cara mengembangkan produk. Pada penelitian ini terdapat dua kajian utama android dan multimedia yang dijadikan sebagai kajian pustaka dasar. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian dan pengembangan yang didesain oleh Borg dan Gall (2003). Data-data yang telah dikumpulkan, yaitu data hasil dari: 1) analisis dokumen dan kajian kepustakaan, 2) wawancara, 3) observasi, dan 4) angket, selanjutnya dilakukan analisis. Analisis data dilakukan sesuai prosedur yang digunakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa temuan yang terjadi lapangan diperoleh data 57% peserta didik memiliki smartphone berbasis Android dan peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang menyenangkan yaitu memanfaatkan HP berbasis smartphone. Nilai rata-rata kelas X sebesar 79,87. Hasil test sebelumnya rata-rata nilai pretest kelas X adalah 35,33. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan android efektif mampu meningkatkan hasil pembelajaran. Penggunaan waktu sebelumnya membutuhkan 405 menit, sementara setelah menggunakan produk yang dikembangkan waktu yang dibutuhkan lebih sedikit yaitu 225 menit, ada selisih 180 menit. Artinya produk lebih efisien. Uji kemenarikan media pembelajaran yang dikembangkan pada smartphone sebesar 80,49 % ( sangat tinggi ) Kata kunci: Bentuk Molekul, Android, dan Media Pembelajaran. ABSTRACT The purpose of this research is to create an Android-based learning media product for Chemistry learning in molecular shape material. Based on observations at SMA Negeri 2 Bandar Lampung, learning is still conventional and the teaching materials used are still fixated on books from libraries or modules. The results of checking documents there are 57% of students find it difficult to learn the shape of molecules. Finally done an innovation by developing products. In this study there are two main studies of android and multimedia which are used as a basic library study. The type of research applied is research and development designed by Borg and Gall (2003). The data that has been collected, namely the results of data from: 1) document analysis and literature review, 2) interviews, 3) observations, and 4) questionnaires, then analyzed. Data analysis was performed according to the procedure used. The results showed that the findings that occurred in the field obtained 57% of students have Android-based smartphones and students need a fun learning media that uses smartphone-based mobile phones. The average value of the X class was 79.87. Previous test results the average pretest value of the X class was 35.33. So it can be concluded that the use of Android effectively can improve learning outcomes. The previous use of time requires 405 minutes, while after using a product that is developed it takes less time which is 225 minutes, meaning there is a difference of 180 minutes. This means that the product is more efficient. The attractiveness test of learning media developed on smartphones is 80.49% (very high) Key words: Molecular Shapes, Android, and Learning Media