PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Main Author: | PRAPTI UTAMI , 1723021035 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/61097/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/61097/2/TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/61097/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/61097/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk: (a) mengetahui hasil pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik yang valid dan praktis, dan (b) mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Branch yang meliputi lima tahap yaitu: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Amal Bakti Jatimulyo tahun pelajaran 2019/2020. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik parametrik (Uji-t). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (a) perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik layak untuk diimplementasikan setelah memenuhi kriteria valid (melalui validasi ahli) dan praktis (melalui uji coba lapangan awal), dan (b) perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik lebih tinggi dari pada kemampuan berpikir kritis peserta didik yang mengikuti pembelajaran yang biasa digunakan guru di sekolah. Selain itu, peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik dikategorikan tinggi. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, pendekatan saintifik, kemampuan berpikir kritis ABSTRACT This research is a research and development that aims to: (a) find out the results of the development of problem-based learning device with a valid and practical scientific approach, and (b) find out the effectiveness of problem-based learning device with a scientific approach to improve the students' critical thinking skills. The development procedure used in this study was adapted from the ADDIE development model developed by Branch which included five stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The subjects of this study were the students of 8 grade at SMP Amal Bakti Jatimulyo in 2019/2020 school year. The data collection used are observation, interviews, questionnaires, and tests of critical thinking skills. The data analysis techniques used are descriptive statistics and parametric statistics (t-test). Based on the results of the study it was found that: (a) problem-based learning device with a scientific approach are feasible to be implemented after fulfill the valid criteria (through expert validation) and practical (through initial field trials), and (b) problem-based learning device with the effective scientific approaches to improve the students' critical thinking skills. This can be seen from the critical thinking skills of students who use problem-based learning device with a scientific approach higher than the critical thinking skills of students who follow the learning commonly used by teachers in schools. In addition, the improvement of students' critical thinking skills using problem-based learning device with a scientific approach is categorized high. Keywords: problem based learning, scientific approach, critical thinking ability