PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA ( Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Bandarlampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020)
Main Author: | ALYA NANDA EFENDI, 1513021016 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/61093/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/61093/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/61093/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/61093/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Bandarlampung semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII I dan VIII H yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa skor kemampuan representasi matematis siswa yang diperoleh melalui tes berupa soal uraian dengan materi sistem persamaan linear dua variabel. Dengan menggunakan analisis uji t diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: Pengaruh, representasi matematis, kooperatif, think pair share.