PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA
Main Author: | Desy Pratiwi Herdyen, 1423021076 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/61073/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/61073/19/TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/61073/20/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/61073/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model pembelajaran berbasis masalah yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis siswa. Tahapan pengembangan mengikuti Brog dan Gall. Penelitian ini dilakukan di SMPN 31 Bandar Lampung padasiswa kelas VIII tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel dengan teknik random sampling untuk memperoleh kelas eksperimen dan kontrol, perbedaan perlakuan dari kedua kelas adalah dengan penggunaan LKPD sistem persamaan liniear dua variabel. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi untuk menentukan validitas bahan ajar, angket respon guru dan siswa untuk menentukan tingkat kepraktisan, serta instrumen tes kemampuan berpikir ktitis untuk menentukan kefektifan bahan ajar. Analisis validitas dan kepraktisan secara deskriptif dan analisis data kemampuan berpikir kritis secara inferensial. Hasil analisis diperoleh bahwa pengembangan LKPD sistem persamaan liniear dua variabel yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif. Kata kunci :Berpikir kritis, LKPD, PBM. abstract This study aims to develop the Student Worksheet with a problem based learning model that is oriented towards students' critical thinking skills. This research was conducted at SMPN 31 Bandar Lampung in class VIII students in 2019/2020. The sampling technique was random sampling to obtain experimental and control classes. Data collection uses validation sheets to determine the validity of teaching materials, questionnaires for teacher and student responses to determine the level of practicality, as well as instruments for the ability to think specifically to determine the effectiveness of LKPD. The validity and practicality analysis was done descriptively and the data analysis of critical thinking skills was done inferentially. The results of the analysis obtained by the development of LKPD linear system of two variables developed are valid, practical, and effective to improve students' critical thinking skills. Keywords: Critical thinking, LKPD, PBM.