PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 5 SUBTEMA 3 KELAS IV SDIT MUHAMMADIYAH GUNUNG TERANG BANDAR LAMPUNG

Main Author: DAYANG PUTRI SYAFRIDA, 1313053028
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61072/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61072/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61072/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61072/
Daftar Isi:
  • Hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental one group pretest-posttest design. Dengan populasi seluruh peserta didik kelas IV SDIT Muhammadiyah Gunung terang berjumlah 112 peserta didik. Pengambilan sampelnya menggunakan teknik random sampling yakni kelas Imam Nasa’i berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dengan soal pilihan ganda berjumlah 30 soal. Setalah dilakukan uji coba instrumen soal di peroleh 25 butir soal yang valid berkategori sedang, dengan tingkat reliabilitas sangat tinggi, daya beda butir soal sangat baik, tingkat kesukaran soal sedang dan distraktor berfungsi tanpa adanya omit. Kemudian data dianalisis menggunakan uji paired sample t test. Hasil analisis statistika (