PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI KEMAMPUAN SOFT SKILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK
Main Author: | Chandra Pratama Syaimar, 1623021002 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/61057/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/61057/3/TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/61057/2/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/61057/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan model pembelajaran problem based learning berorientasi kemampuan soft skill dan menguji efektivitasnya terhadap kemampuan komunikasi matematis. Tahapan penelitian dan pengembangan ini mengadopsi tahapan penelitian dan pengembangan Borg & Gall yang dimulai dari studi pendahuluan, penyusunan sintak pembelajaran berbasis masalah dengan memperhatikan kegiatan yang berbasis pengembangan soft skill peserta didik, validasi, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMAN 2 Kalianda yang terdiri dari 2 kelas yaitu peserta didik kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model PBL berbasis kemampuan soft skill dan peserta didik kelas XI IPA 5 menggunakan model PBL tanpa pengembangan. Data penelitian diperoleh melalui tes, yaitu tes kemampuan komunikasi matematis. Data selanjutnya dianalisis dengan statistik parametrik (uji-t dan uji proporsi) dan uji N-gain. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah (1) sintak model PBL berorientasi kemampuan soft skill untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang terdiri dari orientasi pada masalah, mengorganisir peserta didik untuk belajar, membimbing penyelidikan dengan kegiatan menuliskan rencana penyelesaian masalah, mengembangkan/menyajikan karya dengan kegiatan mencari kebenaran, dan menganalisis dan mengevaluasi penyelesaian masalah. (2) pengembangan model problem based learning berorientasi kemampuan soft skill efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Kata kunci: komunikasi matematis, Kemampuan Soft Skill, Model PBL.