PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN, PENGARUH SOSIAL, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT PERILAKU PENGGUNAAN TEKNOLOGI E WALLET DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) (Studi Pada Pengguna Layanan E Wallet DANA di Bandar Lampung)
Main Author: | BAYU SETIAWAN , 1516051021 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/61048/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/61048/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/61048/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/61048/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, pengaruh sosial dan kepercayaan baik secara parsial maupun simultan terhadap minat perilaku penggunaan. Populasi penelitian adalah pengguna layanan e-Wallet DANA di Bandar Lampung dengan sampel sebanyak 384 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, dan analisis regresi linear berganda, serta uji hipotesis menggunakan uji T dan uji F. Pada peneliitian ini dapat diketahui bahwa secara parsial dan simultan variabel persepsi kegunaan (X1), variabel persepsi kemudahan (X2), variabel pengaruh sosial (X3), dan variabel kepercayaan (X4) berpengaruh signifikan terhadap minat perilaku penggunaan (Y) dengan nilai koefisien determinasi sebesar 49,4%. Persepsi kegunaan memiliki nilai pengaruh paling tinggi diantara variabel lainnya, sehingga perlu untuk mempertahankan kualitas layanan dengan meningkatkan jaringan kerjasama. Pengaruh sosial memiliki nilai terendah diantara variabel lainnya, sehingga dibutuhkan promosi dengan sistem kolektif dapat meningkatkan pengaruh sosial. Kata Kunci : Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Pengaruh Sosial, Kepercayaan, Minat Perilaku Penggunaan, Technology Acceptance Model (TAM). abstract The purpose of this study was to determine the effect of perceived usefulness, perceived ease of use, social influence and trust both partially and simultaneously on the interest in usage behavior. The study population was users of the e-Wallet DANA service in Bandar Lampung with a sample of 384 respondents. Data collection techniques using online questionnaires. Data were analyzed using descriptive analysis, and multiple linear regression analysis, as well as hypothesis testing using the T test and F test. In this study it can be seen that partially and simultaneously the perceived usefulness variable (X1), perceived ease of use variable (X2), social influence variable ( X3), and the trust variable (X4) significantly influences the usage behavior interest (Y) with a coefficient of determination of 49.4%. Usability perception has the highest influence value among other variables, so it is necessary to maintain the quality of service by increasing the network of cooperation. Social influence has the lowest value among other variables, so it needs promotion with a collective system to increase social influence. Keywords: Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Social Influence, Trust, Behavior Intention To Use, Technology Acceptance Model (TAM).