EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK TALK WRITE DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Tri Sukses Natar Tahun Pelajaran 2018/2019)

Main Author: ARBAI KUKUH KUNCORO , 1213021004
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61043/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61043/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61043/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61043/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran think pair share ditinjau dari representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Tri Sukses Natar tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 116 siswa yang terdistribusi dalam empat kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan dipilih siswa pada kelas VII B dan VII D. Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen tes kemampuan representasi matematis siswa. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran think talk write lebih tinggi dari peningkatan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil dan pembahasan, diperoleh simpulan bahwa pembelajaran think talk write efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: think talk write, efektivitas, kemampuan representasi matematis.