STUDI PERBANDINGAN KETRAMPILAN SOSIAL (SOCIAL SKILL) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MURDER DAN TIME TOKEN ARRENDS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG
Main Author: | ARDHI YUDISTHIRA, 1423031003 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/61033/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/61033/2/TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/61033/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/61033/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keterampilan sosial (social skill)) siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe MURDER dan Time Token Arrends pada mata pelajaran IPS Terpadu. Strategi pembelajaran yang dianggap cocok dengan permasalahan tersebut yaitu melalui pembelajaran kooperatif dengan menggunakan model pembelajaran. Pembelajaran kooperatif yang dianggap sesuai dengan permasalahan ini antara lain pembelajaran kooperatif Tipe MURDER dan Time Token Arrends. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dan menggunakan model nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan teknik Nonprobability sampling dengan teknik Sampel Sampling Jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan keterampilan sosial antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe MURDER dengan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arrends dengan koefisien berarti thitung > ttabel atau 66,499 > 2,041. (2) Ada interaksi antara model pembelajaran terhadap keterampilan sosial, berdasarkan perhitungan secara manual menggunakan anava, diperoleh koefisien berarti F hitung > Ftabel atau 57,332> 4,06 (3) Keterampilan sosial siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe MURDER lebih baik daripada Time Token Arrends dengan diperoleh N-Gain atau Uji Efektivitas sebesar 0,300953 (kategori sedang). Kata kunci: keterampilan sosial (social skill), time token, MURDER, This research is motivated by the low social skills of students in Social Sciences subjects in class VII SMP Negeri 19 Bandar Lampung and these problems need to be sought alternative solutions. This study aims to compare students' social skills using the MURDER type of cooperative learning model and Time Token Arrends on Integrated Social Sciences subjects. A learning strategy that is considered suitable with the problem, namely through cooperative learning using learning models. Cooperative learning that is considered appropriate with this problem includes cooperative learning MURDER Type and Time Token Arrends. The design used in this study is a quasi experimental design with nonequivalent control group design. This research uses Nonprobability sampling technique with Saturated Sampling technique. The results of this research show (1) There are differences in social skills between students whose learning uses the MURDER type of cooperative learning model with the type of Time Token Arrends cooperative learning model with coefficient meaning t count> t table or 66.499> 2.041. (2) There is an interaction between the learning model and social skills, based on manual calculations using ANAVA, obtained coefficient means F count > F table or 57.332> 4.06 (3 The social skills of students who are taught using type cooperative learning models MURDER is better than Time Token Arrends by obtaining an N-Gain or Effectiveness Test of 0.300953 (medium category). Keywords: social skills, time token, MURDER,