PENGARUH PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING (RBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020)
Main Author: | FRANSISCO J. SIMBOLON , 1313021034 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/60993/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/60993/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/60993/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/60993/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh pendekatan resource based learning terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 362 siswa yang terdistribusi dalam sebelas kelas. Kelas VIII-A dan VIII-B dijadikan sebagai sampel secara acak menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group design. Data penelitian berupa data pemahaman konsep matematis siswa yang diperoleh melalui tes. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil uji bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan pendekatan resource based learning tidak lebih tinggi atau relatif sama dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan resource based learning tidak berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: Resouce based learning, pengaruh, pemahaman konsep matematis.