PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA PADA MATERI ALAT OPTIK
Main Author: | Nurmala, 1513022005 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/60992/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/60992/19/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/60992/20/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/60992/ |
Daftar Isi:
- Nurmala Fisika merupakan cabang dari ilmu pengetahuan alam yang berkaitan dengan fenomena atau kejadian dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran fisika di sekolah selama ini hanya memberikan informasi sehingga konsep fisika belum disampaikan dengan baik dan menyebabkan pembelajaran fisika sulit dipahami oleh siswa. Selain itu, membuat siswa kurang mampu mengaplikasikan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan yang diharapkan dikuasai oleh siswa setelah pembelajaran fisika adalah kemampuan HOTS siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan, yaitu LKS berbasis problem solving. Melalui problem solving siswa dapat melatih kemampuan menganalisis dari sebuah permasalahan yang dapat membantu siswa dalam menemukan dan memahami sebuah konsep dengan lebih mudah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, serta kepraktisan LKS berbasis problem Nurmala solving. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan model penelitian ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMA Al Kautsar Bandarlampung pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Populasi yang digunakan, yaitu kelas XI MIPA yang berjumlah 5 kelas. Sampel penelitian yang digunakan, yaitu kelas XI MIPA A dan XI MIPA B sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan nilai data uji validasi, data kepraktisan, data keefektifan, serta data validitas dan reliabilitas soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan LKS berbasis problem solving pada pembelajaran materi Alat Optik berpengaruh terhadap kemampuan HOTS siswa yang dilihat dari hasil perhitungan nilai uji validasi oleh ahli materi dan ahlli media dalam kategori sangat tinggi. Uji efektivitas yang diperoleh dari pretest dan posttest pada uji coba kelompok kecil dengan nilai N-gain oleh kelas A sebesar 0,51 dan kelas B sebesar 0,57 yang termasuk dalam kategori sedang. Uji keterbacaan berada pada kategori baik. Hasil uji validitas dan reliabilitas dengan jumlah soal sebanyak 10, didapatkan bahwa seluruh soal dinyatakan valid serta reliabilitas soal sebesar 0,54 dengan kategori cukup reliabel dan dapat digunakan. Kata kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Problem Solving, Higher Order Thinking Skill (HOTS)