HUBUNGAN PEMAHAMANNILAIPADA SILA PERSATUAN INDONESIA DENGAN SIKAP NASIONALISME PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Main Author: | SEPTA POLENTARI, 1443032006 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/60982/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/60982/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/60982/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/60982/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan Hubungan Pemahaman Nilai Pada Sila Persatuan Indonesia Dengan Sikap Nasionalisme Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 14 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif Kuantitatif dengan sampel sebesar 10% yang berjumlah 30 peserta didik kelas XI SMA Negeri 14 Bandar Lampung. Teknik penguulan data menggunaka angket dan teknik penunjang berupa wawancara, dokumentasi dan observasi.teknik angket dihitung dengan rumus product moment, spearman brown, interval dan presentase. Setelah diolah dengan menggunakan rumus chikuadrat kemudian dilanjutkan menggunakan data tersebut sebagai bahan perhitungan, dengan terlebih dahulu menggunakan banyaknya gejala yang diharapkan terjadi. Berdasarkan data dan hasil pembahasan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat hubungan positif antara pemahaman nilai sila persatuan Indonesia dengan sikap nasionalisme Peserta didik di SMA Negeri 14 Bandar Lampung khususnya dalam mentransfer nilai sila persatuan Indonesia dan dalam pengaplikasian sehari-hari baik dikelas, sekolah maupun diluar sekolah. Kata kunci : Persatuan Indonesia, Nasionalisme, Peserta Didik. The purpose of this research is to analyze and describe the relationship of understanding value in Sila Indonesia association with the attitude of nationalism students XI class in SMA Negeri 14 Bandar Lampung school year 2019/2020. The research method used in this research is a quantitative descriptive with a sample of 10% amounting to 30 students of class XI SMA Negeri 14 Bandar Lampung. Data evaporation techniques using polls and supporting techniques in the form of interviews, documentation and observations. Poll techniques are calculated with product moment formula, Spearman Brown, interval and percentage. Once processed using a chi-squared formula then continue using the data as calculation material, by first using the number of symptoms expected to occur. Based on the data and results of the research results, it is known that there is a positive relationship between understanding the value of Indonesian unity with nationalism learners in SMA Negeri 14 Bandar Lampung especially in transferring the value please Indonesian unity and in everyday application both in class, school and outside school. Key words: Indonesia unity,Nationalism,Students.