ANALISIS STRATEGI BISNIS PT. SEKAI DESTINASI WISATA TOUR AND TRAVEL BANDAR LAMPUNG
Main Author: | NURUL HASANAH, 1311011115 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/60951/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/60951/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/60951/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/60951/ |
Daftar Isi:
- Pariwisata merupakan salah satu sumber pendapatan penting bagi suatu daerah bahkan suatu Negara. Perkembangan pariwisata diiringi dengen perkembangan perusahaan yang menawarkan jasa pariwisata seperti Sekai Destinasi Wisata Tour and Travel. Tingginya persaingan dalam usaha pariwisata di Kota Bandar Lampung menjadi permasalahan bagi Sekai Destinasi Wisata Tour and Travel yaitu pendapatan yang diterima mengalami fluktuasi setiap bulannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal yang menjadi kekuatan dan kelemahan serta faktor eksternal yang menjadi peluang dan ancaman bagi Sekai Destinasi Wisata Tour and Travel, lalu menganalisis alternatif strategi apa yang sesuai dan merekomendasikan prioritas strategi dengan kondisi Sekai Destinasi Wisata Tour and Travel. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan tahapan formulasi strategi, yaitu matriks IFE dan EFE, matriks IE dan matriks SWOT, dan QSPM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor internal terdapat 8 kekuatan dan 5 kelemahan, faktor eksternal terdapat 8 peluang dan 5 ancaman. Berdasarkan matriks IFE dan EFE menghasilkan total skor sebesar 3.08 dan 2.84. Sekai Destinasi Wisata Tour and Travel, jika dipetakan kedalam matriks IE posisi perusahaan berada pada kuadran IV yaitu tumbuh dan bina (growth and build). Strategi yang tepat untuk dijalankan yaitu strategi intensif (penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk) dan strategi integratif (integrasi kedepan, integrasi kebelakang, dan integrasi horizontal). Berdasarkan analisis matriks SWOT maka dihasilkan 7 strategi. Strategi prioritas berdasarkan hasil QSPM yaitu peningkatan kualitas layanan, perluasan pasar ke lingkungan/wilayah yang baru untuk meningkatkan volume penjualan, menjaga hubungan baik dengan jasa pendukung lainnya, melakukan promosi online secara berkala dan terjadwal, penyesuaian harga sesuai dengan segmentasi pasar yang dituju, meningkatkan kemampuan/keterampilan karyawan agar dapat mengerjakan pekerjaan secara efektif dan efisien, serta melakukan evaluasi secara terjadwal untuk mengidentifikasi strategi perusahaan selanjutnya. Kata kunci: Sekai Destinasi Wisata Tour and Travel, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT, QSPM