EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ALQURUN TEACHING MODEL DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 33 Bandarlampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020)

Main Author: PIYA ANGGRAINI , 1513021038
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/60925/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60925/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60925/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60925/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran alqurun teaching model ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 33 Bandarlampung semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang terdistribusi dalam 8 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII H yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Desain penelitian ini ialah the randomized posttest-only control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan menggunakan uji-t dengan α = 0,05 dan uji proporsi, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran alqurun teaching model tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata kunci: efektivitas, kemampuan pemecahan masalah matematis, pembelajaran alqurun teaching model.