PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 14 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2019/2020)
Main Author: | SHINTYA DWI GREASTYAN, 1413021071 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/60884/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/60884/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/60884/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/60884/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Bandarlampung semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 309 siswa yang terdistribusi dalam sebelas kelas. Sampel penelitian ini sebanyak 58 siswa yang didistribusikan dalam dua kelas yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbentuk uraian. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share tidak lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, pengaruh, pemecahan masalah matematis