PENINGKATAN SELF REGULATION DALAM BELAJAR MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI PADA SISWA KELAS X SMA Al-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Main Author: | DINNY SURYANI, 1513052012 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/60863/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/60863/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/60863/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/60863/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian adalah self regulation siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan self regulation dalam belajar menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi pada siswa kelas X SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan one group pretest and posttest design. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 10 siswa kelas X IPS 2. Teknik pengumpulan data menggunakan skala self regulation dalam belajar. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon, dari hasil perhitungan didapat Zhitung = -2,805 < Ztabel = 1,645, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah self regulation dalam belajar dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi pada siswa kelas X SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2019/2020. Kata Kunci : bimbingan kelompok, bimbingan dan konseling, diskusi kelompok, self regulation dalam belajar. The problem this research was students who had low self regulation. The research aimed to know the increase self regulation in learning by using discussion technique counseling group service for tenth grade students of SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung in academic year 2019/2020. The method of the research applied a pre-experimental with one group pretest and posttest design. The total research subjects was ten students from X IPS 2. Data collection technique used a self regulation scale in learning. The results of data analysis using wilcoxon test, from the calculation result obtained Zscore = -2,805 < Ztabel = 1,645, so Ho was rejected and Ha was accepted. It could be concluded that the self regulation could be improved by using discussion techinque of counseling group service for tenth grade students of SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung in academic year2019/2020. Keywords: counseling group, discussion group, guide and counseling, self regulation in learning.