ANALISIS TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN PENGANGKUT TERHADAP PENUMPANG DALAM PENGANGKUTAN UDARA NIAGA PADA PT GARUDA INDONESIA (PERSERO) Tbk
Main Author: | NADYA PUTRI FACHIRA, 1612011042 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS HUKUM
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/60858/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/60858/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/60858/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/60858/ |
Daftar Isi:
- PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. merupakan salah satu perusahaan pengangkutan udara yang mengemban tanggung jawab terhadap penumpang pada proses penyelenggaraan penerbangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimanakah tanggung jawab PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. kepada penumpang dan bagaimana proses penyelesaian hukum diantara para pihak. Jenis penelitian yang digunakan adalah normatif dengan tipe penelitian deskriptif, pendekatan masalah dalam penelitian ini yuridis normatif, data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari tempat penelitian dan data sekunder yang diperoleh dari bahan-bahan hukum yang mengikat. Data tersebut kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan bahwa PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. memberikan ganti kerugian terhadap penumpang sesuai dengan Peraturan yang telah ditetapkan oleh Peraturan menteri Perhubungan Nomor PM 92 Tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara (Permmenhub No. 92/2011) dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 89 Tahun 2015 tentang Penanganan Keterlambatan Penerbangan (Permenhub No 89/2015) yang diaplikasikan dalam bentuk tiket. PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. dalam memberikan ganti kerugian terhadap peristiwa kecelakaan, maka perusahaan ini mengalihkan tanggung jawab pada perusahaan asuransi yaitu PT Jasa Raharja, selain itu untuk peristiwa internal PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. membebankan tanggung jawabnya pada PT Askrindo sebagai bentuk ganti kerugian terhadap penumpang perusahaan penerbangan. Proses penyelesaian hukum antara pihak pengangkut dan penumpang dilakukan dengan proses arbitrase (penyelesaian diluar jalur pengadilan). Kata Kunci: Tanggung Jawab, Penyelesaian Hukum, Pengangkutan Udara Niaga. ii ABSTRACT PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. is one of the air transportation which is responsible to the passengers while the flight is processing. This research is for analyzing how is Garuda Indonesia’s responsibilities to the passengers and how is the settlement process of law among the sides. A kind of research that is used is normative with descriptive analysis type, the problem approach in this research are is normative juridicial, primary data from the place that is taken for the research and secondary data from the components of law that is required then these datas is going to be analyzed qualitatively. The result of the research conclude that PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. gives compensation for the passengers based on the established regulation by minister of Transportation Number PM 92 Th 2011 about the Transporter’s Responsibility Air Transportation (Permenhub No 92/2011) and minister of transportation’s regulations Number PM 89 Th 2015 about Flight Delay (Permenhub No 89/2015) which is applicated in tickets. PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. for giving compensation to the accident, so this corporation diverts the responsibility to insurance corporation PT Jasa Raharja. Beside that, for internal situation PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. gives its responsibility to PT Askrindo as the compensation to the passengers of flight corporation. The law process to solve among the transporter and passengers is done by arbitration (solving problems outside the court). Keyword: Responsibility, Law’s Solving Process, air transportation.