PENGEMBANGAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Main Author: UMAIRO TUTI DARASWITA , 1723021001
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/60825/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60825/2/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60825/3/TESIS%20TANPA%20%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60825/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (a) menghasilkan pengembangan model pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, dan (b) menguji efektivitas penerapan pengembangan model pembelajaran kolaboratif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini dilakukan dengan mengacu pada Borg dan Gall (2003) yang memiliki tahap-tahap yaitu, penelitian pendahuluan dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan desain produk awal, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba lapangan awal, dan uji coba lapangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 2 Gading Rejo Tahun Pelajaran 2019/2020. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan tes kemampuan berpikir kreatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t. Hasil uji-t posttest kemampuan berpikir kreatif siswa menunjukkan signifikansi sebesar 0,01 yang artinya ada perbedaan rata-rata skor antara kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model pembelajaran kolaboratif dengan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) hasil pengembangan model pembelajaran kolaboratif berupa sintak/langkah model pembelajaran meliputi tujuh tahapan pembelajaran, dan (b) pengembangan model kolaboratif efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata kunci: collaborative learning, berpikir kreatif Umairo Tuti Daraswita iii ABSTRACT of collaborative learning model to improve students’ creative thinking skills, and (b) investigating the effectiveness of applying the development of collaborative learning model in improving students’ creative thinking skills. This research was conducted by referring to Borg and Gall (2003) that have stages of preliminary research and data collection, planning, initial product design development, initial field trials, revision of initial field trial results, and field trials. The research subjects were students at 11th grade of SMAN 2 Gading Rejo in Academic Year 2019/2020. The observation, interview, questionnaire, and test of creative thinking skills were utilized as the data collecting techniques. The data analysis technique used in this study was the t-test. The results of the post-test t-test of students’ creative thinking skills indicated a significance of 0, 01, which means there was an average difference in the scores between students’ creative thinking skills using collaborative learning model and students’ creative thinking skills using conventional learning model. The findings of this research revealed that (a) the results of the development of a collaborative learning model in the form of learning model syntax/steps include seven stages of learning, and (b) the development of the collaborative model is effective to improve students’ creative thinking skills. Keywords: collaborative learning, creative thinking skills