PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Studi Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 16 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019)

Main Author: SELVY SALVIOLA, 1513024010
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/60804/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60804/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60804/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60804/
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk menentukan pengaruh Model Discovery Learning terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas VII semester genap SMP Negeri 16 Bandar Lampung pada pembelajaran IPA Biologi materi interaksi mahluk hidup dengan lingkungannya tema ekosistem. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VII H dan VII I berjumlah 60 peserta didik yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Data rata-rata nilai pretest, posttest dan N-Gain sebagai hasil kemampuan literasi sains dianalisis dengan uji Independent Sample t-test pada kepercayaan 5% menggunakan bantuan program SPSS 22.0. Data rata nilai angket tanggapan peserta didik dianalisis secara deskriptif menggunakan bantuan program Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model Discovery Learning terhadap kemampuan literasi sains peserta didik. Model Discovery Learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains peserta didik. Kemampuan literasi sains kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Angket tanggapan peserta didik pada kelas eksperimen memiliki rata-rata pencapaian skor tinggi yaitu 92,2% dengan kriteria “sangat baik”. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi pokok ekosistem. Kata kunci : Kemampuan Literasi Sains, Angket Tanggapan Peserta Didik, Model Discovery Learning, Ekosistem