EFEKTIVITAS PRE-LECTURE QUIZ DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR LANCAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Main Author: CITRA RAUDA ALZA, 1513023053
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/60716/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60716/19/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60716/20/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60716/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas Pre-Lecture Quiz dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar siswa pada materi larutan penyangga. Metode penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini berasal dari semua siswa kelas XI IPA SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung sebanyak 8 kelas. Diperoleh sampel yang secara clauster random sampling dan diperoleh sampel kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen (variasi pembelajran Pre-Lecture Quiz) dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol (pembelajran Non Pre-Lecture Quiz). Data dianalisis menggunakan Microsoft Excel 2010 dan SPSS 17.0. Efektivitas Pre-Lecture Quiz diukur berdasarkan rata-rata n-Gain keterampilan berpikir lancar, kemudian ukuran besar pengaruh pembelajaran Pre-Lecture Quiz berdasarkan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas ekperimen rata-rata nilai n-Gain keterampilan berpikir lancar siswa berkriteria “tinggi”. Pembelajaran Pre-Lecture Quiz memiliki pengaruh “besar” terhadap peningkatan keterampilan berpikir lancar siswa pada materi larutan penyangga. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variasi pembelajaran Pre-Lecture Quiz efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir lancar pada materi Larutan Penyangga. Kata kunci: Larutan penyangga, berfikir lancar, Pre-Lecture Quiz.