EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MODEL NHT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Main Author: Riski Mirantika, 1513023064
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/60712/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60712/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60712/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60712/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan saintifik melalui model NHT untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi larutan penyangga. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah quasi experiment dengan pretest and postest control group design. Populasi penelitian ini ialah, seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019. Dengan teknik pengambilan sampel menggu- nakan purposive sampling. Diperoleh sampel penelitian, kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji parametrik, yaitu uji independent samples t-test. Hasil penelitian menunjukan rata-rata n-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dari pada rata-rata n-Gain kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik melalui model NHT efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Kata kunci : larutan penyangga, keterampilan berpikir tingkat tinggi, pendekatan saintifik melalui model NHT.