PENGARUH MUTU LAYANAN KEFARMASIAN WAKTU TUNGGU TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RSUD DR H ABDUL MOELOEK PROVINSI LAMPUNG

Main Author: MARLAOKTA, 1618011165
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEDOKTERAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/60677/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60677/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60677/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60677/
Daftar Isi:
  • ABSTRACT THE IMPACT OF WAITING TIME PHARMACEUTICAL SERVICE QUALITY ON OUT PATIENT SATISFICATION AT DR. H. ABDUL MOELOEK HOSPITAL PROVINCE LAMPUNG By MARLAOKTA Background: RSUD Dr. H. Abdul Moeloek is a type A hospital and the closest alternative referral hospital. From year by year, Abdul Moeloek Hospital has increased health service by added facilities and the number of health workers. But all this is not enough if there are still many aspects that have not been improved, such realibility dimension. This study to determine the impact of pharmaceutical service quality on patient satisfication at the Pharmacy Installation of Dr. H. Abdul Moeloek Hospital Lampung Method: This study used quantitative method with a cross-sectional approach, involving 78 respondents. This study was conducted in December 2019, at the Pharmacy Installation of Abdul Moeloek Hospital Lampung. The research were obtained through time observational on digital computer, and a questionnaire that had been tested for validity and reliability. Analysis of the data used is the Fisher‟s Exact Test. Results: The quality of pharmacy services at the Pharmacy Installation of Abdul Moeloek Lampung was considered good (67,5%) and as many as 45 respondents (57,7%) expressed satisfication with the service at the Pharmacy Installation of Dr. H. Abdul Moeloek Hospital Lampung. Conclusion: There is a significant impact between the quality of pharmacy services in reliability dimension on the patient satisfication in Pharmacy Installation of Dr. H. Abdul Moeloek Lampung. Keywords: pharmaceutical installation, reliability, satisfication, service quality. ABSTRAK PENGARUH MUTU LAYANAN KEFARMASIAN WAKTU TUNGGU TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RSUD DR H ABDUL MOELOEK PROVINSI LAMPUNG Oleh MARLAOKTA Latar Belakang: RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung merupakan rumah sakit tipe A dan menjadi alternatif rumah sakit rujukan terdekat. Dari tahun ke tahun, RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung sudah mengalami peningkatan pelayanan kesehatan dengan menambah fasilitas serta jumlah tenaga kesehatan. Namun masih banyak aspek yang belum ditingkatkan, seperti dimensi waktu tunggu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mutu layanan kefarmasian dimensi waktu tunggu terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, melibatkan 78 responden. Sampel ditentukan dengan teknik consecutive sampling. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2019, di Instalasi Farmasi RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung. Data penelitian didapatkan melalui pengamatan menggunakan pengamatan waktu pada komputer digital, dan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas untuk menilai kepuasan pasien rawat jalan. Analisis data yang digunakan adalah uji Fisher‟s Exact Test, dikatakan terdapat hubungan bermakna jika p value < 0,05. Hasil: Mutu layanan kefarmasian waktu tunggu di Instalasi Farmasi RSUD Dr. H. Abdul Moeloek dinilai baik (64,1%) dan sebanyak 43 responden (51,8%) menyatakan puas terhadap pelayanan di Instalasi Farmasi RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung Kesimpulan: Terdapat pengaruh yang signifikan antara mutu pelayanan kefarmasian dimensi waktu tunggu (reliability) terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung. Kata Kunci: instalasi farmasi, kepuasan, mutu pelayanan, waktu tunggu