EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENDINGINAN MINUMAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Main Author: DESITA HARYANTI, 1513023036
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/60676/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60676/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60676/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60676/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran berbasis masalah pendinginan minuman dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi termodinamika kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain the matching-only pretest- posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MIA SMA Negeri 2 Bandar lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XII MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII MIA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa n-gain rata-rata di kelas eksperimen berkategori tinggi, serta nilai rata-rata postes keterampilan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen (84,7) lebih besar dari pada nilai rata-rata postes siswa dikelas kontrol (76,6). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah pendinginan minuman efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci : keterampilan berpikir kritis, pembelajaran berbasis masalah, pendinginan minuman.