EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENDINGINAN MINUMAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA

Main Author: Dewi Nawang Wulan , 1513023023
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/60593/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60593/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60593/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60593/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran berbasis masalah pendinginan minuman (PBMPM) dalam meningkatkan ke- terampilan berpikir tingkat tinggi (KBTT) siswa SMA. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain the matching only pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MIA SMA Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XII MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII MIA 2 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai postes di kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata nilai postes di kelas kontrol, serta nilai n-gain dikelas eksperimen sebesar 0,74 yang berkategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model PBMPM efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Kata kunci: keterampilan berpikir tingkat tinggi, model pembelajaran berbasis masalah, pendinginan minuman