UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DI KELAS IV SDN 6 JATIMULYO KECAMATAN JATIAGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2014 / 2015
Daftar Isi:
- ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini bagaimanakah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran Jigsaw di kelas IV SD Negeri 6 Jatimulyo Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan Tahun Ajaran 2014/2015? Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran Jigsaw di kelas IV SD Negeri 6 Jatimulyo Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian tindakan kelas ini, terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan aktivitas siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hal ini ditunjukan dari rata-rata aktivitas siswa pada siklus I mencapai 67 dengan persentase keaktifan siswa mencapai 70% yaitu 14 siswa dinyatakan aktif. Pada siklus II rata-rata aktivitas siswa mencapai 75,21 dengan persentase keaktifan siswa mencapai 90% yaitu 18 siswa dinyatakan aktif. Pada hasil belajar siswa diperoleh rata-rata hasil belajar siswa mencapai 65,25 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 65% siswa yaitu 13 siswa dinyatakan tuntas belajar. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II mencapai 73,5 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 85% siswa yaitu 17 siswa dinyatakan tuntas belajar. Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, dan model pembelajaran Jigsaw