PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 AMBARAWA TAHUN AJARAN 2019/2020
Main Author: | ARDIAN FAHRI, 1613033038 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/60537/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/60537/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/60537/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/60537/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan dunia pendidikan di era millennium menuntut guru harus mampu mengarahkan peserta didik untuk berpikir kritis, analitis, dan menyelesaikan masalah. Guru harus memilih model pembelajaran yang tepat, salah satu yang dapat digunakan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai adalah Model Means- Ends Analysis (MEA). Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) terhadap berpikir kritis dan apakah ada perbedaan pengaruh model pembelajaran Means-Ends Analysis dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Ambarawa Tahun Ajaran 2019/2020?. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivallent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini Uji Paired Sampel T-Test dan Uji Independent Sampel T-Test. Berdasarkan analisis data yang telah peneliti lakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Model Pembelajaran Means-Ends Analysis mempunyai pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ambarawa Tahun Ajaran 2019/2020 karena dari uji hipotesis dengan rumus Paired Sample Test yang menunjukan nilai Sig.(2-tailed) = 0.000 < 0.05. 2) Terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sejarah. Hasil Pengujian Independent Sampel TTest pada Equal Variance Assumsed menunjukan bahwa t-hitung sebesar 6.195 dan Sig.(2-tailed) sebesar 0.000. Karena Sig.(2-tailed) 0.000 < 0.05 maka