PENGEMBANGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Main Author: | SINTA WIDYA NINGTIAS, 1723021016 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/60516/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/60516/2/TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/60516/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/60516/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa model inkuiri terbimbing yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Desain penelitian ini dilakukan dengan mengacu pada Borg & Gall. Prosedur penelitian yang dilakukan, yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan pengembangan produk, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek pada penelitian ini dipilih dengan teknik pengambilan sampel secara acak (c luster random sampling). Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil validitas desain pengembangan model inkuiri terbimbing oleh ahli, interperetasi penilaian yang diberikan yaitu kriteria valid. Berdasarkan tanggapan guru terhadap pengembangan model inkuiri terbimbing skor secara keseluruhan adalah 55 dari skor ideal 64 yang artinya bahwa model inkuri terbimbing yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis. Hasil Uji-t terhadap peningkatan (N-gain) kemampuan komunikasi matematis diperoleh 0.049 < 0.05. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa, (a) model pembelajaran inkuiri terbimbing yang dikembangkan memiliki kriteria valid dan praktis, dan (b) hasil uji lapangan menunjukan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: inkuiri terbimbing, kemampuan komunikasi matematis. ABSTRACT This research is a development research that aims to produce a product in the form of a guided inquiry model that is valid, practical and effective in improving students' mathematical communication skills. The design of this study was carried out with reference to Borg & Gall. The research procedures carried out, namely research and data collection, product development planning, initial product development, initial field trials, revised results of initial field trials, and field trials. The study population was students of class VIII SMP Negeri 3 Bandar Lampung in the 2019/2020 academic year. Subjects in this study were selected by cluster random sampling. Data collection using observation techniques, interviews, questionnaires and tests of mathematical communication skills. The data analysis technique used is descriptive and inferential statistics. Based on the results of the design validity of the development of the guided inquiry model, the assessment of the given criteria is valid. Based on the teacher's response to the development of the guided inquiry model the overall score is 55 of the ideal score of 64 which means that the guided incur model that is developed meets practical criteria. T-test results to increase ( N-gain ) mathematical communication skills obtained 0.049 < 0.05. The results of the study and discussion showed that, (a) the guided inquiry learning model developed had valid and practical criteria, and (b) the results of the field test showed that the guided inquiry learning model developed was effective in improving students' mathematical communication skills. Key words : guided inquiry, mathematical communicatiom skill.