PENGEMBANGAN MODUL IPA BIOLOGI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Main Author: QURRATU AINI , 1723011006
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/60451/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60451/3/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60451/2/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60451/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan: 1). Mendeskripsikan kondisi dan potensi pengembangan modul IPA Biologi berbasis Kontekstual. 2). Menghasilkan prosuk Modul IPA Biologi berbasis Kontekstual. 3). Menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemenarikan modul IPA Biologi berbasis Kontekstual pada materi Ekosistem. Penelitian pengembagan ini menggunakan prosedur pengembangan tipe 4-D, dilakukan di SMP Negeri di Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes awal dan tes akhir serta angket kemenarikan, kemudian data dianalisis secara kulitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian rata- rata gain ternormalisasi dari 3 sekolah sebesar 0.59 dengan klasifikasi sedang dan efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Peningkatan indikator berpikir kritis tertinggi yaitu pada tahap interpretasi, analisis dan evaluasi. Selanjutnya untuk uji kemenarikan diperoleh rata- rata skor 3.68 dengan klasifikasi sangat menarik. Kata Kunci: Modul, kontekstual, berpikir kritis ABSTRACT This research aims: 1). Describe the conditions and potential for the development of contextual-based biological science modules. 2). Producing Contextual-based Biology Module products. 3). Analyzing the improvement of critical thinking skills and the attractiveness of contextual-based biological science modules in the material Ecosystem. This developmental study used a 4-D type development procedure, carried out at a state junior high school in Bandar Lampung. Data collection techniques using observation, interviews, pre test and post tests and interesting questionnaires, then the data were analyzed in a quantitative and quantitative manner. The results of the average normalized gain of 3 schools amounted to 0.59 with a medium classification and effectively improve students' critical thinking skills. The highest increase in critical thinking indicators is at the stage of interpretation, analysis and evaluation. Furthermore, for the attractiveness test an average score of 3.68 was obtained with a very interesting classification. Keywords: Module, contextual, critical thinking