PENGEMBANGAN MODEL POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
Main Author: | Nilam Jelfa Rani Gumanti, 1723021017 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/60375/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/60375/19/TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/60375/20/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN-1.pdf http://digilib.unila.ac.id/60375/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkanprodukberupa model POGIL hasilpengembangan yang valid, praktisdan efektif meningkatkankemampuanpemecahanmasalah matematis. Penelitian ini dilakukan dengan mengacu padapenelitian dan pengembangan dari Borg dan Gall yang memiliki tahapan yaitu, penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan desain produk awal, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji lapangan awal dan uji coba lapangan.Populasi penelitian ini peserta didik kelas VIII MTs Ismaria Al-Quranniyah Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek pada tahap uji coba lapangan adalah peserta didik kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan VIIIA sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik pengambilan sampel secara acak terhadap kelas (cluster random sampling). Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan infrensial.Berdasarkan hasilanalisis validitas desain pengembangan pembalajaran diperoleh persentase sebesar 79% dengan kategori valid, berdasarkan tanggapan guru terhadap pengembangan model POGIL skor secara keseluruhan adalah 53 dari skor ideal 64 yang artinya bahwa kepraktisan model pembelajaran POGIL yang dikembangkan dalam kategori baik. Hasil Uji-t terhadap peningkatan (N-Gain) kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh 0.041 < 0.05.Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa (a) produk berupa model POGIL yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis (b) hasil uji lapangan menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan model POGIL lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan model pembelajaran biasa. Kata kunci: Model POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning), kemampuan pemecahan masalah ABSTRACT This research is a research development that aims to produce products in the form of POGIL models that are valid, practical and effective to improve mathematical problem solving skill. This study used research and development methods (research and development) following the steps of Borg and Gall that is research an information collecting, planning, develop preliminary form of product, prliminary field testing, main product revisoin and main field testing.The research population were students of grade 8th MTs Ismaria Al-Quranniyah Bandar Lampungin the academic year 2019/2020. The research subjects were students of class VIIIB as the experimental class and VIIIA as the control class selected by random sampling technique to the class (cluster random sampling). The data analysis technique used is descriptive and infinite statistics.Based on the results of the learning design validity percentage of 79% criteria valid, based on the teacher's response to the development of the POGIL models, the overall score is 53 from an ideal score of 64, which means that the practicality of the POGIL learning model developed is in the good category. T-Test results on increasing (N-Gain) mathematical problem-solving abilities obtained 0.041 <0.05.The results of the study and discussion showed that (a) the product in the form of the POGIL models that was developed met valid and practical criteria (b) the results of the field test showed that the improvement in the problem solving ability of students using the POGIL models was higher than the problem solving ability of students who used the model ordinary learning. Key words : POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) models, mathematicalproblem solving skill