PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) DAN GENDER TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA PADA MATERI POKOK PERUBAHAN IKLIM DI SMP NEGERI 20 BANDAR LAMPUNG

Main Author: Umu Sulaim Masluha, 1513024063
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/60324/1/ABSTRAK%20%28ABSTRACT%29.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60324/4/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60324/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60324/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh penggunaan model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI), perbedaan gender, dan interaksi antara model pembelajaran dengan gender terhadap keterampilan argumentasi siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung sejumlah 330 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII E dan VII G yang dipilih dari populasi dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan Pretest Post-test Non Equivalent Control Design. Data diambil dari nilai pretes dan postes dengan tes keterempilan argumentasi berbentuk essay. Data dianalisis secara statistik dengan uji Ankova dan uji BNT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ADI dan gender berpengaruh signifikan terhadap keterampilan argumentasi dengan nilai signifikansi masing-masing adalah 0,000 dan 0,011. Sedangkan, interaksi antara model ADI dengan gender tidak berpengaruh signifikan terhadap keterampilan argumentasi dengan nilai signifikansi 0,209.