HUBUNGAN MINAT BACA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD SE-GUGUS DOKTER WAHIDIN SUDIRO HUSODO METRO BARAT

Main Author: I PUTU SETIAWAN , 1513053041
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/60288/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60288/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60288/4/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60288/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik kelas V SD Se-gugus Dokter Wahidin Sudiro Husodo Metro Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif dan signifikan minat baca dan motivasi belajar dengan hasil belajar. Jenis penelitian yaitu ex-postfacto korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 71 peserta didik dan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh berjumlah 71 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes yang terdiri dari observasi, kuesioner, studi dokumentasi dan gabungan ketiganya. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan multiple correlation. Berdasarkan analisis yang dilakukan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dan motivasi belajar dengan hasil belajar ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,592 berada pada taraf “cukup kuat”. Kata kunci: hasil belajar tematik, minat baca, motivasi belajar. ABSTRACT The problem in this study was the low grade V elementary school thematic learning outcomes of the Wahidin SudiroHusodo Metro Barat group of doctors. This study aims to determine the positive and significant relationship between reading interest and learning motivation with learning outcomes. This type of research is ex-postfacto correlation. The research sample consisted of 71 students. The instrument for data collection is a questionnaire with a Likert scale, which was previously tested for validity and reliability. Data analysis using product moment correlation and multiple correlation. Based on the analysis conducted by the results of the study it can be concluded that there is a positive and significant relationship between reading interest and learning motivation with learning outcomes indicated by a correlation coefficient of 0.592 at the level of "strong enough". Keywords: motivation to learn, reading interest, thematic learning outcomes.