SISTEM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II BANDAR LAMPUNG
Main Author: | NORMA INDAH PRATIWI, 1723012037 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/60217/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/60217/2/2.%20TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/60217/3/3.%20TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/60217/ |
Daftar Isi:
- Children in Special Child Development Institution have the same right to learn in fulfilling the rights to earn education and teaching. The superiority about Special Child Development Class II in Bandar Lampung is that it prioritizes education. The research method used a qualitative study of phenomenology. The sampling technique in this study was purposive sampling which then used snowball sampling technique. The results showed that (1) Children placed in Special Child Development Institutions were also entitled to get education without discrimination and the government was responsible for the provision of education (2) The process of providing education for Children in Special Institutions for Child Development Class II Bandar Lampung was fully handled by the guidance section (3) Outputs from the organization of education related to changes in attitudes or behaviors towards a better direction during their education at the Special Institution for Class II Child Development Bandar Lampung. (4) Inhibiting and supporting factors in implementing children's education in the Special Institution of Class II Child Development in Bandar Lampung were influenced by several factors including: facilities, infrastructure factors, budgetary factors, employee, educator factors and lack of work partners. Keywords: Educational System, Special Child Development Institutions ABSTRAK Anak-anak yang berada di Lembaga Pengembangan Anak Khusus memiliki hak yang sama untuk belajar dalam memenuhi hak atas pendidikan dan pengajaran.. Salah satunya adalah tempat untuk melaksanakan hak-hak siswa pemasyarakatan tegineneng adalah salah satu Lembaga Pengembangan Anak Khusus di wilayah Bandar Lampung dan satu-satunya di provinsi Lampung, Lembaga Pengembangan Khusus Anak Kelas II Bandar Lampung memiliki keunggulan berbeda dari Lembaga Bimbingan Khusus Lainnya untuk Anak-anaknya yaitu Lembaga Pengembangan Khusus untuk Anak-anak di kelas II Bandar Lampung memprioritaskan masalah Pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif studi Fenomenologi, Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yang kemudian ke informan lainnya dengan teknik snowball sampling. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) anak yang ditempatkan dalam Lembaga Pembinaan Khusus Anak juga berhak mendapatkan pendidikan tanpa dibedabedakan dan pemerintah bertanggung jawab atas penyelenggaraan pendidikan tersebut (2) Proses Penyelenggaraan Pendidikan Terhadap Anak di Lembaga Khusus Pembinaan Anak Kelas II Bandar Lampung ditangani sepenuhnya oleh seksi pembinaan (3) Output dari Penyelenggaraan Pendidikan Berkaitan dengan Perubahan sikap atau prilaku ke arah yang lebih baik selama menjalani masa pendidikan di Lembaga Khusus Pembinaan Anak Kelas II Bandar Lampung. (4) Faktor penghambat dan pendukung dalam melaksanakan pendidikan anak di Lembaga Khusus Pembinaan Anak Kelas II Bandar Lampung di penagruhi oleh beberapa faktor diantaranya: faktor sarana dan prasarana, faktor anggaran, faktor Pegawai / Tenaga Pendidik dan faktor kurangnya mitra kerja Kata kunci: sistem pendidikan, lembaga pengembangan khusus anak