PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Laporan Tahunan Perusahaan Sektor Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 2013-2017)

Main Author: SUCI MARDINA PUTRI , 1511031022
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/60191/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60191/13/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60191/14/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60191/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan corporate social responsibility, kepemilikan manajerial, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah total perusahaan sampel sebanyak 31 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan laporan tahunan yang berasal dari www.idx.com. Pengolahan data dilakukan dengan cara melakukan uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan metode regresi linear berganda. Software yang digunakan dalam mengolah data adalah SPSS versi 24. Hasil dari pegujian dalam penelitian juga membuktikan bahwa sebanyak 16,4 % variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen dan sisanya sebanyak 83,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel independen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan CSR dan kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Corporate Social Responsibility,Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan The purpose of this research is to examine the effect of corporate social responsibility disclosure, managerial ownership and size toward firm value in mining companies listed in Indonesia Stock Exchange period 2013-2017. The sampling method used in this research was purposive sampling of 31 firms. The data were online financial statements from each company, taken form the URL www.idx.com. The collected data were analyzed by using classic assumption and hypothesis test with multiple linear regression method. SPSS version 24 software was used in analyzing the data. The result of the test in the research proves that 16,4% of the dependent variable can be explained by the independent variables and the remaining by 83,6% is influenced by other variables beyond the independent variables. The research of this study indicate that corporate social responsibility disclosure and managerial ownership have positive effect on firm value. Firm size has a negative effect on firm value. Keywords: corporate social responsibility, managerial ownership, size, firm value