PENGGUNAAN MODEL TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN GERAK TARI MULI SIGER DI MTS NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG

Main Author: Rini Shofiya Tuzzahra, 1513043031
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/60172/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60172/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60172/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/60172/
Daftar Isi:
  • Model tutor sebaya merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk belajar aktif dalam setiap pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan psikomotorik siswa. Penelitian ini membahas tentang penggunaan model tutor sebaya dalam proses pembelajaran gerak tari muli siger di esktrakulikuler MTs Negeri 1 Bandar Lampung dengan mengacu pada teori behavioristik dan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Proses pembelajaran gerak tari muli siger pada penelitian ini diikuti oleh 6 peserta didik dan selama enam kali pertemuan dilakukan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini merupakan penggunaan model tutor sebaya dalam proses pembelajaran gerak tari muli siger secara garis besar proses pembelajaran tersebut berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari siswa mampu menjadi pure teacher, mediator, work partner dan coach. Peserta didik sudah mampu menjadi fasilitator bagi teman sebayanya dan saling mengarahkan dalam setiap proses pembelajaran. Kata kunci: Model Tutor Sebaya, Tari Muli Siger The peer model is a learning model that demands students to be active in every learning that aims to improve student psychomotor. This study discusses the learning process of dance motion of muli siger using the model of peer tutoring in the extracurricular MTs State 1 Bandar Lampung. This study was conducted to describe the learning process of muli siger dance with reference to behavioristic theories and use a type of qualitative descriptive research. The study was attended by 6 students and six times the meeting was conducted. The data collection techniques in this study use observations, interviews and documentation. The results of this study were the process of learning the movement of muli siger dance using peer learning model, which in the outline of the learning process went well. Learners are able to be facilitators for their peers and lead each other in every learning process. Keywords: Peer Tutoring, Muli Siger Dance